get app
inews
Aa Read Next : 10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia, Bekasi Salah Satunya

Masjid Kubah Emas, Salah Satu Destinasi Wisata Religi Termegah di Asia Tenggara

Senin, 20 Desember 2021 | 17:18 WIB
header img
Masjid Kubah Emas. (Foto: rumah.com)

Secara umum, arsitektur Masjid Kubah Emas mengikuti tipologi arsitektur masjid di Timur Tengah dengan ciri kubah, menara, halaman dalam, dan penggunaan detail atau hiasan dekoratif dengan elemen geometris dan obelisk, untuk memperkuat ciri keislaman pada arsitekturnya.

Terdapat ciri lainnya ada pada gerbang masuk yang berupa portal dengan hiasan geometris dan obelisk sebagai ornamen. Interior masjid ditopang pilar-pilar kokoh yang menjulang tinggi guna menciptakan skala ruang yang agung, sementara ruangannya didominasi warna monokrom dengan unsur utama warna krem untuk memberi karakter ruang yang tenang dan hangat. Materialnya terbuat dari bahan marmer yang diimpor dari Turki dan Italia. 

Di tengah ruang, tergantung lampu yang terbuat dari kuningan berlapis emas seberat 2,7 ton, yang pengerjaannya digarap ahli dari Italia. Lampu gantung itu memiliki total berat 8 ton, dan pada atap yang menaunginya terdapat lukiasan awan, sehingga memberi kesan kalau lampu gantung itu seperti menjulur dari langit. 

Selain itu, relief hiasan di atas tempat imam juga terbuat dari emas 18 karat. Begitu juga pagar di lantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid. Sedangkan mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah berlapis bahan prado atau sisa emas.

Selain mewah, arsitektur Masjid Kubah Emas juga dirancang untuk merepresentasikan beberapa filosofi dalam agama Islam. Enam menara (minaret) berbentuk segi enam atau heksagonal yang melambangkan rukun iman, menjulang setinggi 40 meter.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut