get app
inews
Aa Read Next : Tenun dan Songket Bukan hanya Kain Semata, Jadi Benteng Pertahanan Budaya Bangsa

Wayang dari Berbagai Negara  Bakal Tampil di Perayaan Hari Wayang Nasional SENAWANGI

Senin, 06 November 2023 | 13:16 WIB
header img
Ketua Umum SENAWANGI Marsekal Madya TNI (Purn) FH. Bambang Sulistyo, S.Sos, dalam konferensi pers acara peringatan Hari Wayang Nasional (HWN) Ke-V & Living ICH Forum Ke-III, yang berlangsung di Gedung Pewayangan Kautaman Senin, 6 November 2023. Foto: Ist

Peringatan HWN tahun 2023 ini juga menjadi ajang penyelenggaraan "Living Intangible Cultural Heritage Forum For Wayang Puppet Theater in Indonesia (Living ICH Forum) Ke-III."

Living ICH Forum Ke-III pertama kali diadakan di Indonesia pada tahun 2021, bersamaan dengan peluncuran 'Rumah Wayang Dunia'.

Langkah ini sesuai dengan mandat rapat Intangible Cultural Heritage (ICH) NGO’s Forum UNESCO yang diadakan pada tanggal 11 Desember 2019, saat Sidang Ke-14 Komite Antar Pemerintah tentang Implementasi Konvensi Perlindungan Warisan Budaya Tak Benda di Bogota, Kolombia, yang berlangsung pada tanggal 9 – 14 Desember 2019.

Tema besar program Living ICH Forum Ke-3 ini adalah 'Mengaktifkan Nilai-Nilai Warisan Kebudayaan Tak Benda Wayang Indonesia sebagai Jembatan Kemanusiaan.'

"Kami berharap program Living ICH Forum ini dapat terus meningkatkan kualitasnya melalui kerja sama antara lembaga pemerintah yang menentukan kebijakan dengan SENAWANGI, lembaga swasta, dan pemangku kepentingan dunia pewayangan di Indonesia," tambah Bambang.

Peringatan Hari Wayang Nasional Ke-V dan Living ICH Forum Ke-III Tahun 2023 akan menampilkan berbagai pertunjukan wayang dari berbagai negara.

Pertunjukan wayang Myanmar, Wayang Singapore, Wayang Malaysia, Wayang Thailand, Wayang Vietnam, dan pertunjukan Wayang Cambodia akan dihadirkan, baik secara langsung maupun daring.

Nurrachman Oerip, SH, Ketua Bidang Hubungan Internasional dan Ketua Panitia Livung ICH Forum 2023, menjelaskan bahwa hal ini sejalan dengan tujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai rumah wayang dunia.

Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk menjadi tuan rumah Festival Wayang Dunia.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut